Biaya hidup di masa pandemi covid-19

semenjak ada pandemic seperti ini banyak dampak yang terjadi di setiap keluarga sebaiknya besar dampak negatifnya adalah di perekonomian contohnya perekonomian keluarga saya sebelum ada pandemi dan saat ada pandemi. 
           Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara saya masih SMA kelas 12 dan adik saya masih PAUD.orang tua saya bekerja sebagai wiraswasta atau petani.di samping menjadi petani,bapak saya bekerja di bengkel mobil yang tidak jauh dari rumah.di hari sebelum ada covid-19  bapak bekerja seperti biasa dan bengkel bapak selalu ramai sehingga setiap minggunya bapak bisa mendapatkan gaji sekitar 600 per minggu. Dari uang 600 itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan dibagikan kepada ibu 400 untuk ibu belanja dan yang 50  diberikan kepada aku untuk uang bensin dan uang saku aku saat sekolah per minggu. biasanya juga digunakan untuk biaya listrik permulan sekitar 100.
           Dan saat ada pandemi seperti ini pendapatan bapak saya menurun, mungkin karena tempat kerja bapak saya sepi. Biasanya di saat pandemi seperti ini bapak saya hanya berpenghasilan 450 per minggu. Untungnya saat ada pandemi ini saya libur jadi tidak ada uang saku. Tetapi di rumah aku juga belajar melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui Hp. Untuk membeli kuota internet aku menggunakan uang tabungan aku untuk membeli kuota dan untuk membeli LKS. Jika dirincikan biaya untuk membeli kuota internet sekitar 50 dan untuk LKS mungkin  sekitar 150.saya menggunakan uang tabungan yang kudapat dari uang saku yang di beri oleh bapak,yang aku sisihkan untuk ku tabung dan dapat aku gunakan untuk kebutuhan aku saat pandemi ini sehingga membantu meringankan beban bapak.


     Nah, demikian cerita saya sebelum dan saat ada pendemi  covid-19.maaf jika ada kekurangan dan dari kejadian kejadian yang telah aku lewati, aku selalu bersyukur atas Rizki yang telah  di berikan allah.
           

Postingan populer dari blog ini

perubahan sosial di desaku pada masa pandemi covid-19

hari pertama pelajaran jarak jauh (PJJ)